Debby@Home

“I asked God for strength that I might achieve; I was made weak that I might humbly learn to obey. I asked for help that I might do greater things; I was given infirmity that I might do better things. I asked for all things that I might enjoy life; I was given life that I might enjoy all things. I got nothing that I asked for, but everything I hope for; almost despite myself, my unspoken prayers were answered. I among all men am truly blessed”

My Photo
Name:
Location: Depok, West Java, Indonesia

I am an ordinary woman with extraordinary interest in everything

Tuesday, December 12, 2006

Pelatihan selesai....

Sejak kemarin aku ikut Pelatihan SEM (Structural Equation Model) ala LISREL dan SIMPLIS (nah lho....apa kepanjangannya juga gw ga taw). Dua hari yang menyiksa! Pak Joni bilang kepalanya ngebul abis pelatihan, kalo aku malah kebalikannya, kepalaku seger...kenapa? Karena aku ngantuk berat dan sukses bobo di sela2 Bapak nerangin istilah-istilah yang aku ga ngerti blasss...


Sebetulnya ini kali kedua aku ikut training tentang LISREL. Kali pertama adalah waktu Pak JU bossnya Psikometri yang membawakan materi ini. Waktu itu aku ga ngerti, tapi cukup terhibur dengan "When I was..."nya Pak JU.

Meskipun dulu waktu kuliah Statistik sudah pernah didongengin beliau tentang pengalaman belajarnya di UCLA, yang sekarang agak lebih canggih karena melibatkan foto-foto temannya yang sekarang sudah ”jadi” semua. Buku-buku dan software statistik yang jadi pegangan kita sekarang ternyata karya dari mantan teman kuliah Pak JU. Nggilane...pantesan aja si Bapak bangga banget sama almamaternya.

Hari pertama aku masih dengerin penjelasan Bapaknya, jadi rada mudheng dikit. Hari kedua praktis aku tidak dengerin apapun, sering keluar ruangan, atau kalau di lagi dalam sibuk buka email, chatting, ngerjain tugas, persiapan kuliah besok, or simply gangguin Mbak Yanki yang serius banget. Habis badanku dijadiin sasaran cubitan Mbak Yanki di sebelahku yang gemes karena aku gak konsentrasi. Mbak Yanki mah enak, sekarang sedang ngolah data untuk disertasinya, jadi emang kudu serius dengerin supaya proses pengolahan datanya lancar.

Di akhir sesi (kira-kira jam 3 sore), tiba-tiba aku insyaf. Aku mulai serius belajar SIMPLIS dengan menggunakan data tesisku dulu. Weleh...ternyata banyak juga yang harus dipelajari ulang! Aku mulai dari impor data dari SPSS ke LISREL, and guess what...ternyata orang secanggih pengajarnya gak bisa juga nyelesaiin my simple problem here: imputing my missing value data for nearly 120 variables!

Meskipun waktu Pak WD memaksaku ikut pelatihan aku ogah-ogahan berat karena pengalaman pertama yang bikin malas, sekarang aku malah semangat nerusin pelatihan ini dengan menggunakan my own data. Pak WD bilang, kita coba olah sendiri dulu data dan catat semua problem, dan nanti kita undang kembali Bapaknya untuk mengajar kita kembali. Okay boss....:-)

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home