Debby@Home

“I asked God for strength that I might achieve; I was made weak that I might humbly learn to obey. I asked for help that I might do greater things; I was given infirmity that I might do better things. I asked for all things that I might enjoy life; I was given life that I might enjoy all things. I got nothing that I asked for, but everything I hope for; almost despite myself, my unspoken prayers were answered. I among all men am truly blessed”

My Photo
Name:
Location: Depok, West Java, Indonesia

I am an ordinary woman with extraordinary interest in everything

Friday, May 07, 2004

Jualan Sekolah

Tanggal 5-6 Mei ini Fakultas Psikologi mengadakan gawean Psychology Expo untuk peringatan Dies Natalisnya yang sebenarnya berlangsung bulan Februari yang lalu. Ekspo diadakan di Hotel Kartika Chandra. Isi ekspo macam2, ada seminar, pameran jasa psikologi, sampai pameran majalah femina atau swa pun ada. Entah apa hubungannya dengan psikologi... Aku kebagian jaga stand Pasca Psi-UI hari pertama pameran, dan beruntunglah aku (atau rugilah aku??) karena pada hari pertama itu seminar-seminar yang digelar adalah seminar tentang dunia kerja, sehingga yang datang mengunjungi pameran kebetulan adalah para praktisi yang cukup tertarik mengup-grade pengetahuan mereka. Pengumpul brosur pun tak terhindarkan lagi....sehingga brosur pasca seharga 5000 rupiah satunya bablas kalau tidak segera diamankan.

Sebagai stand guide, kerjaanku tentunya menjelaskan program-program yang ada di pascasarjana. Cukup merepotkan buatku, karena kebanyakan dari mereka yang datang bertanya adalah mereka yang ingin sekolah tapi gak tau sekolah dimana...nah lho...repotnya di pascapsi ui ini ada tiga program yang berbeda sama sekali, dan masing2 program terdiri dari berbagai kekhususan yang juga berbeda. kuliah2 yang sama pada ketiga program ini hanyalah pada kuliah kemagisteran yang diberikan pada semester 1, dan matrikulasi sebelum semester 1 dimulai. Jadi mulailah aku menggali minat dan kebutuhan mereka sendiri, dan menentukan mereka boleh sekolah dimana (biasanya sih aku mulai dengan bertanya S1 dari mana? kalau S1 mereka bukan dari Psikologi, hanya tersedia 2 program yang boleh mereka pilih...Sains atau Terapan, karena program Profesi hanya untuk mereka yang lulusan S1 Psikologi). Lumayan kan satu program tereliminasi...Pertanyaan kedua adalah mengenai waktu mereka, apakah mereka ingin kuliah fulltime dari pagi sampe sore Senin sampe Jumat dengan konsekuensi meninggalkan pekerjaan mereka at least for 2 years. Jika mereka tidak rela, langsung aku lead ke program Terapan. Di terapan sendiri, ada 8 program kekhususan yang berbeda2. Tapi karena aku tau mereka kebanyakan bekerja di kantor, aku langsung lead ke SDM atau SDM & KM. Kalau sudah sampe sini mestinya aku lega, karena tinggal dua pilihan.

Tapi ternyata, perjuangan paling berat ada di sini!!! Karena aku musti menjelaskan perbedaan antara SDM dan SDM&KM. Bukan persoalan mudah karena aku harus menjelaskan kelebihan2 SDM&KM (yang actually belum ada saingannya di Indonesia) sementara pengetahuanku tentang KM masih sangat-sangat terbatas, aku juga musti menjelaskan kelebihan2 SDM yang akhir2 ini aku dengar gak ada kelebihannya. Oh my God.... . Rasanya aku harus menjual sesuatu yang aku tidak terlalu yakin apakah punya kelebihan atau tidak (kecuali 'kelebihannya' berada di bawah nama besar ui lho). Sebagai program yang berada pada sebuah universitas tertua dan terpengalaman di Indonesia, mestinya terapan SDM dan SDM&KM ini punya nilai tambah dan keunikan diantara program2 S2 SDM yang ada di perguruan tinggi lainnya. Tapi entahlah...semoga program ini tidak jadi tenggelam karena adanya program saingan baru, entah yang diadakan di ui sendiri maupun di perguruan2 tinggi lainnya.

Despite all that, banyak surprise yang aku dapat hari itu. Yang pertama adalah ketemu dengan Pak Chandra, mantan ketua angkatan, TNI-AL berpangkat mayor yang rendah hati, baik, penolong dan suka bikin adem hati yang membara. Hehehehe. Seneng banget bisa ketemu Pak Chandra lagi, meskipun hari ini dia tak bisa menepati janjinya untuk traktir. Maklum...makanan hotel kan gak enak kecuali gratis...gitu katanya. Well...next time-lah... Lalu aku ketemu Mbak Tini, Mbak Aliyah, Mbak Yayuk a new friend, dan...TRI!!!! Walah, sejak rafting beberapa bulan yang lalu aku baru ketemu lagi sama bapak ini, dan rasanya dulu dia gede sekali, kok sekarang lebih tinggi aku ya? Mungkinkah karena giziku yang membaik? Ternyata anak itu kerja di Intipesan, event organizer-nya ekspo ini. So, aku bisa merasa senang juga hari itu...

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home